Minggu, 05 Agustus 2018

Lakukan dengan baik dan ikhlas lalu terima hasilnya

Proses....ego... hasil dalam hidup

Dalam kehidupan seharihari seringkali ketika terlalu fokus pada hasil semata, sehingga proses yang baik dan benar terabaikan, alhasil justru semakin jauh dari hasil yang diharapkan.

Ketika fokus bisa ditujukan kepada proses yang baik dan benar, tanpa kita sadari  hasil datang justru jauh labih baik, dan bahkan tak terduga. Karena proses yang baik dan benar, tentu akan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik. Namun pada saat yang sama, biasanya ego mengintip, keinginan untuk menguasai hasil yang lebih besar lagi, membuat proses yang baik dan benar kembali terabaikan. Dan hasil yang diharapkan pun menjauh.

Manakala fokus berubah pada hasil yang cepat dan banyak, maka proses yang baik dan benar akan terabaikan, yang terjadi adalah banyak upaya manipulasi atau sejenisnya, guna mendapatkan hasil yang banyak dan cepat.

Disisi lain, keikhlasan hati adalah wujud berserah diri tertinggi kepada Hyang Kuasa, bahwa setelah semua upaya yang terbaik yang bisa kita lakukan, maka kita percayakan bahwa hasil terbaik adalah yang akan kita dapatkan, meski secara logika kadang tak masuk akal. Logika kita, pikiran dan ego akan menjadi tantangan terberat dalam hal ini. Umumnya kita tidak akan mau berserah diri sebelum kita tersudut oleh suatu keadaan yang benar-benar memaksa, saat tak ada lagi jalan keluar, barulah kita akan mau berserah diri.

Bisa saja kita memilih berusaha mengendalikan semua sesuai dengan yang kita inginkan,  namun kenyataannya kita harus siap kehabisan tenaga dengan hasil yang jauh dari harapan.

Proses yang baik dan keikhlasan memerlukan upaya terbaik kita, logika dan ego adalah tantangan utamanya.

Hal ini sejalan kalimat "berkaryalah dengan sebaik-baiknya dan jangan mengikatkan diri dengan hasilnya" . Tidak terikat disini saya artikan sebagai sebuah kesediaan untuk menerima apapun yang bisa kita capai dari upaya terbaik yang telah kita lakukan sebagai sesuatu yang layak untuk kita, dan disyukuri.

Ini hanya sebuah pendapat pribadi dan awam, yang akan ada perbedaan pendapat dengan sebagian orang. Semua memerlukan sebuah keyakinan untuk menjalankannya.

#theoryomongkosongku, #anotherbullshittheory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar